roti bluder tape cover

Bluder Tape Ketan, Variasi Bluder Kekinian

roti bluder tapeIndonesia adalah negara yang kaya akan warisan. Warisan tersebut bukan hanya dalam bentuk bangunan fisik maupun kesenian, tapi juga dalam bentuk cita rasa makanan. Salah satu warisan yang hingga saat ini masih tinggi peminat adalah kuliner bluder, seperti bluder cokro misalnya. Meski sebenarnya bluder merupakan warisan dari kolonial Belanda dan memang tak sepenuhnya merupakan warisan asli Indonesia, tapi bluder memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta roti. Hal ini terbukti dari banyaknya usaha kuliner yang menjadikan bluder sebagai fokus utama bisnis mereka.

 

Bluder merupakan roti lembut yang dibuat dengan komposisi telur lebih banyak dibandingkan jenis roti lainnya. Komposisi inilah yang menjadikan bluder sebagai roti yang sangat empuk, mudah disobek, dan lumer di mulut. Sedikit orang yang bisa menolak kelezatan bluder. Selain sudah biasa disajikan dalam rasa original, bluder mengalami banyak perkembangan rasa hingga bermacam-macam varian yang bisa dipilih atau dibuat sendiri.

 

Nah, bagi Anda yang berminat untuk membuat sendiri bluder, Anda mungkin akan membutuhkan resep di bawah ini. Akan tetapi, kali ini kita akan melakukan variasi rasa sehingga bukan sekadar bluder original saja. Kita akan membuat bluder tape keju. Perpaduan gurihnya tape dan keju akan menyemarakkan cita rasa kelembutan bluder satu ini.

 

Pertama, siapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Ada dua jenis bahan utama yang harus disediakan sebelum membuatnya, yaitu bahan biang dan bahan pendukung. Bahan biang sendiri terdiri dari ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Sementara bahan pendukungnya terdiri dari margarin, gula pasir halus, esen vanili, tape singkong yang sudah dihaluskan, telur, terigu berprotein sedang, susu bubuk, baking powder, dan keju cheddar di parut untuk campuran dan taburan.

 

Langkah kedua adalah mulai mengolahnya. Mari kita mulai dengan mengolah bahan biang dengan melarutkan ragi instan bersama gula pasir dalam air hangat. Setelah itu, diamkan campuran bahan biang sekitar 15 menit hingga berbusa. Di sisi lain, kita olah bahan pendukungnya. Campur gula pasir, esen vanili, dan margarin. Kocok hingga campuran rata dan lembut. Setelah itu masukkan tape singkong yang sudah dihaluskan dan kocok perlahan hingga tercampur semuanya.

 

Ambil saringan tepung. Masukkan tepung terigu berprotein rendah dalam adonan tape singkong tadi sembari diayak agar tepung yang tercampur tidak memiliki partikel yang relatif besar. Hal in akan membuat hasil akhir bluder tape keju menjadi benar-benar lembut. Kocok perlahan adonan tersebut. Ketika tepung sudah akan habis, taruh susu bubuk dan baking powder di atas saringan yang masih memiliki sedikit tepung untuk diayak bersama.

 

Masih dalam keadaan mencampurkan adonan, sekarang kita masukkan bahan biang perlahan bersama dengan keju parut. Aduk rata adonan hingga semuanya benar-benar tercampur. Ambil loyang dan olesi dengan margarin. Tuang adonan bluder roti ke dalam loyang lantas diamkan sekitar 45 menit sampai adonan tersebut benar-benar mengembang. Taburkan keju parut sesuai dengan keinginan dan panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama kurang lebih 40 menit. Angkat bluder roti dari oven dan siap disajikan. Resep ini cukup untuk 12 porsi.

 

Well, cukup mudah kan membuat bluder tape keju? Hidangan ini sangat cocok disajikan ketika berkumpul bersama keluarga dan sebagai teman minum teh. Hadirkan bluder di tengah kehangatan keluarga untuk semakin mempermanis hubungan dan komunikasi.

baca juga: (Jenis – Jenis Roti Keju Yang Enak dan Mudah dibuat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *