roti sehat cover

Roti yang Baik Untuk Kesehatan

roti sehatSekarang ini roti telah menjadi salah satu bahan makanan pokok. Sama seperti nasi, roti adalah bahan makanan yang sangat penting. Roti juga sering dijadikan bahan pengganti makanan pokok. Bahkan di Negara – Negara eropa roti menjadi bahan makanan yang favorit. Roti juga banyak terdapat dan dijual di supermarket atau swalayan dengan berbagai jenis dan merk. Ada roti tawar, roti gandum, roti coklat dan banyak lagi.

Roti ini juga dinilai sebagai bahan makanan yang gampang dan praktis di sajikan dengan berbagai variasi dirumah. Secara umum roti yang dijual dipasar kelihatan sehat – sehat dan tidak bermasalah tetapi kita tidak tahu bahan – bahan yang terkandung didalamnya. Apakah bahan – bahan yang terkandung di dalam roti baik untuk tubuh. Disini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih roti yang sehat untuk dikomsumsi keluarga anda di rumah.

Tips – tips memilih roti yang sehat :

  • Dari berbagai jenis roti yang disajikan ada baiknya kita memilih jenis roti yang terbuat dari Gandum. Mengapa Gandum Karena Gandum atau tepung Gandum memiliki tingkat karbohidrat yang hampir sama dengan nasi atau beras. Tetapi juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes sebagai pengganti nasi. Sebaiknya kita memilih roti dengan kandungan gandum 100%.
  • Pilihlah Roti yang memiliki serat yang tinggi, ini mengapa juga disarankan memilih roti yang berbahan dasar ganrum. Karena Gandum memiliki serat yang jauh lebih tinggi dari roti – roti tawar biasanya. Serat yang terkandung di dalam dua potong roti putih adalah sebesar 1,5gram sedangkan didalam roti gandum memiliki serat 4gram di dalam dua potong. Ini tentunya terdapat dua kali lipatnya dan serat sangatlah berguna untuk tubuh untuk sebagai zat yang berfungsi sebagai pelancar pencernaan.

Serat didalam tubuh ini terbagi atas dua yaitu serat yang larut didalam air yaitu Zat senyawa yaitu serat yang berguna untuk menambah kelembutan pada kotoran atau fases kita dan membantu mempromosikan BAB dengan lancer dan mencegah    sembelit. Adapun serat yang larut dapat membantu menurunkan kadar kolestrol didalam darah dan mengatur penggunaan gula dalam tubuh.

  • Sebelum kita membeli roti di supermarket atau swalayan hendaklah kita melihat dulu komposisi kandungan yang terkandung di dalam roti tersebut. Pilihlah roti yang mengandung kadar natrium tinggi. Mengapa kita harus memilih kadar natrium yang tinggi. Dari kandungan roti gandum yang biasanya beredar dipasar di dalam satu potong roti gandum terdapat 100mg sodium. Apabila kita memakan 4 potong roti gandum berarti kita sudah mendapatkan asupan sodium sebanyak 400mg yang direkomendasikan asupan sodium perhari sebanyak 2.000mg.
  • Pilihlah roti yang memiliki tanggal kadarluarsa yang cepat. Ini karena roti yang memiliki tingkat kadarluarsa yang cepat tidak banyak memasukan bahan – bahan pengawet pada rotinya. Lebih baik belilah roti dari took roti yang terpercaya yang memiliki produksi roti setiap harinya. Sehingga setiap kita membeli roti bar uterus tidak punya yang kemarin – kemarin.

Inilah tips – tips memilih roti yang sehat dan baik yang berguna untuk menjaga kesehatan keluarga anda. Semoga tips ini dapat anda pergunakan didalam kehidupan anda dan berguna untuk anda beserta keluarga anda. Karena banyak roti yang memiliki atau mengandung bahan yang tidak sehat yang banyak beredar dipasaran yang dapat mengancam keluarga anda dari penyakit – penyakit yang berbahaya. Semoga berguna untuk anda dan terima kasih.

baca juga: (Cara Membuat Crepes)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *